Awal Mula Sejarah Nama Indonesia

IQROZEN | Awal Mula Sejarah Nama Indonesia. Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya akan ragam budaya dan sumber daya alam. Pulau-pulau yang berjajar dari Sabang sampai Merauke menyimpan jutaan kekayaan baik di darat maupu di laut. Perjalanan sejarah bangsa Indonesia sendiri memiliki untaian kisah menarik dan penuh pengorbanan. Indonesia tidak serta merta muncul di muka bumi ini, namun melalui proses dan asal-usul historis yang bersejarah. Silakan baca artikel Asal-Usul Api di Muka Bumi.
Sebelum menjadi Indonesia, ternyata bangsa ini memiliki beberapa nama sebutan di dunia internasional. seperti kita ketahui, banyak kerajaan yang berdiri sebelum terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Belum lagi sejarah penjajahan asing yang sampai ratusan tahun lamanya, wajar apabila bangsa Indonesia kaya akan sejarah perjuangan. Berikut beberapa Sebutan Bagi Negeri ini sebelum menjadi Negara Indonesia:

Hindia. Nama Hindia diciptakan oleh Herodotus, seorang ahli ilmu sejarah berkebangsaan Yunani (484-425 SM). Adapun nama Hindia ini baru dipergunakan untuk kepulauan di wilayah Nusantara oleh Ptolomeus (100-178 SM), seorang ahli ilmu bumi yang terkenal.

Nederlandsch Oost-Indie. Nama ini berasal dari Belanda sesudah mereka menjajah dan menguasai wilayah Nusantara. Kemudian nama ini ditukar dengan “Nederlandsch Indie”.

Insulinde, Nama ini diberikan oleh Eduard Douwes Dekker (Multatuli) di dalam bukunya Max Havelaar pada 1860, kemudian nama ini dipopulerkan oleh Professor P.J. Veth. Asal kata Insulinde dari perkataan “Insulair”, “Insula” dan “Indus”. Insula dalam bahasa latin yang berarti pulau. Indus berarti Hindia, sedangkan Insilinde artinya pulau Hindia.

Nusantara, Sebutan ini ditemui dalam perpustakaan India Kuno, sebutan Nusantara atau Dwipantara berarti pulau-pulau yang berada diantara benua-benua. Berbeda dengan kitab Negarakertagama yang mendefinisikan Nusantara sebagai pulau-pulau di luar tanah Jawa. Mampir juga pada artikel 10 Masjid Terkenal di Ibu Kota Nusantara.

The Malay Archipelago, Sebutan ini diciptakan oleh Alfred Russel Wallace (1869), setelah ia mengunjungi tanah air Indonesia antara 1854 - 1682. Adapun “Malay” artinya Melayu, “Archipel” yang berasal dari bahasa Yunani “Archipelagus” (dari asal Archi=memerintah, plagus= laut). Dapat disimpulkan jika The Malay Archipelago berarti kumpulan pulau-pulau Melayu.
Asal-usul Nusantara
Picture by Google
Demikian postingan tentang Awal Mula Sejarah Nama Bangsa Indonesia sebagai bahan pengetahuan dasar kita semua. Jangan sampai tinggal di tanah air Indonesia tetapi tidak mengenal apa itu Indonesia dan dari mana asal-usulnya. Sumber dari berbagai media online.