Batu Akik Termasuk Jenis Batu Mulia Menurut Ulama, Benarkah?

IQROZEN | Demam batu akik terus mengguncang tanah air Indonesia, berbagai kalangan penggemar batu mulai dari remaja hingga dewasa berlomba berburu batu yang katanya mulia tersebut. Bahkan, beberapa orang berkeyakinan jika batu akik bertuah atau memiliki kekuatan supranatural yang dapat bermanfaat bagi pemakai / pemiliknya. Selain itu, sebagian masyarakat khususnya umat Islam menganggap batu akik adalah batu mulia yang telah disebutkan oleh para ulama. Baca Asal Usul Penciptaan Manusia.

Dikutip dari laman hidayatullah.com menyebutkan ada 8 varian batu mulia yang dibahas beberapa ulama di dalam kitab klasiknya. Salah satunya adalah batu akik yang dibahas dalam kitab Al-Mu'jam Al-Musthalahat Al-Fiqhiyah. Saat itu dijelaskan batu akik dapat ditemukan di daerah Yaman atau pesisir Laut Tengah.

Macam macam Batu Akik
Ada banyak jenis batu akik yang digemari masyarakat di antaranya; batu akik kecubung, batu akik jamrud, batu akik darah, batu akik bacan, batu akik yakut, batu akik pirus, batu akik sulaiman, batu akik ruby, batu akik lavender, batu akik labrador dan batu akik madu, serta masih banyak jenis batu akik lainnya. Hebatnya lagi, batu akik termahal dapat bernilai ratusan juta bahkan milyaran rupiah. Anda tertarik mengoleksinya? Berikut penampakan beberapa batu tersebut.

Batu Akik dan Jenis Batu Mulia

Beberapa Jenis Batu disebutkan dalam pembahasan kitab klasik di antaranya adalah batu akik, berikut beberapa batu yang dijelaskan ulama:

Batu Akik dalam kitab Al-Mu'jam Al-Musthalahat Al-Fiqhiyah
Batu Akik

Al-Yakut (Ruby) dalam kitab Tuhfah Al Habib
Gambar Batu Akik Ruby

Zabarjad (Peridot) dalam Mu’jam Musthalahat Al Fiqhiyah
Gambar Batu Peridot

az zumurrud (Emerald) dalam Al Mu’jam Al Wasith
Gambar Batu Emerald

Al Fairuz (Turquoise) dalam kitab Al Mu’jam Al Wasith
Gambar Batu Turquois

Demikian Penjelasan Batu Akik dan Jenis Batu Mulia menurut ulama dalam kitabnya, semoga menambah wawasan sobat semua.